Enam Distrik Raih Penghargaan Pelaksanaan Musrenbang Distrik Terbaik

Enam Distrik Raih Penghargaan Pelaksanaan Musrenbang Distrik Terbaik

April 18, 2018 0 By admin

Bintuni, kadatebintuni.com ~ Ada yang menarik kali ini pada kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019 kabupaten Teluk Bintuni, karena pemberian piagam penghargaan pada Distrik yang terbaik dalam melaksanakan Musrenbang tahun 2018.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPELITBANGDA) Kabupaten Teluk Bintuni DR. Alimuddin, MM, pemberian piagam penghargaan pada keenam Distrik dari 28 Distrik di Teluk Bintuni berdasarkan pengamatan dan laporan pelaksanaan Musrenbang tingkat Distrik tahun 2018.

Mulai tahun 2018 pemerintah daerah kabupaten Teluk Bintuni memberikan apresiasi sekaligus motivasi pada distrik-distrik yang telah menjalankan Musrenbang sesuai dengan mekanisme dan juga berdasarkan kriteria lainnya.

Ada beberapa kriteria yang ditentukan, kata Alimuddin, seperti kemampuan Distrik untuk mengajukan program-program prioritas berdasarkan permasalahan yang ada di masing-masing distrik.

Lalu penilaian juga pada ketepatan dalam pelaksanaan Musrenbang Distrik dan pengendalian Distrik atas pelaksanaan Musrenbang tingkat Kampung serta menilai juga seberapa banyak peserta yang ikut, melibatkan para pemangku kepentingan yang ada di distrik.

“Dan juga kita berikan bobot terhadap ketepatan dalam penyerahan berita acara dan dokumen-dokumen pelaksanaan Musrenbang Distrik. Ini mudah-mudahan bisa menjadi motivasi bagi distrik-distrik sehingga setiap pelaksanaan Musrenbang bisa dilaksanakan secara tepat waktu.

Distrik lebih sungguh-sungguh dalam melahirkan program-program perioritas berdasarkan kebutuhkan masyarakat untuk menjawab berbagai permasalahan di daerah,” ujar Alimuddin.

Dikatakan, program dan kegiatan yang diusulkan oleh Distrik dalam Musrenbang RKPD di kabupaten dapat juga dilanjutkan ke provinsi bahkan ke pemerintah pusat untuk pembiayaan APBN.

Distrik yang mendapatkan penghargaan akan mendapatkan tambahan dana pada saat penyusunan RKA tahun 2019 untuk distrik masing-masing. “Setelah kita koordinasikan ke pak Bupati, beliau mengatakan akan memberikan apresiasi.

Dan kemarin dari 6 distrik yang telah ditetapkan sebagai penyelenggara Musrenbang terbaik tingkat Distrik akan mendapatkan tambahan dana pada saat penyusunan RKA distrik masing-masing.

Distrik yang meraih penghargaan adalah terbaik I : Distrik Babo, Tembuni, dan Manimeri; dan terbaik II: Distrik Moskona Utara, Aroba, dan Distrik Tomu itu akan dibahas dalam tim Anggaran pemerintah daerah nanti. Saya kira ini hal positif,” tandasnya. [Daniel MD]

(Visited 44 times, 1 visits today)