Si Gadis Kecil bernama Asnat Hohame

Si Gadis Kecil bernama Asnat Hohame

April 29, 2018 0 By admin

Asnat Hohame, gadis usia sekitar 12 tahun, membaca menjadi salah satu yang sedang ditekuninya sejak aku mengenalnya.

Beberapa kali ia ‘tertangkap’ oleh ku saat mengunjungi rumah baca yang diberinama ‘Teras Ilmu’, oleh masyarakat tempat ia tinggal (kampung Benawa, Distrik Kais, Sorsel)

Sesekali ku perhatikan jenis buku yang dipilih dan diambilnya, kemudian dibaca olehnya. Yang paling unik adalah gaya atau cara dan ekspresinya ketika mengambil dan memilih sebuah buku.

Ia akan memanjat kursi atau meja lalu menjangkau posisi buku yg berada di rak, kemudian ‘berlagak’ seolah penikmat bacaan atau buku handal yang sedang mencari referensi untuk sesuatu yg dibutuhkan.

Misalnya dengan memiringkan leher, bahkan badannya pun akan ikutan miring, serta mengerutkan alis, mengecilkan mata (bak orang yang lagi pusing memikirkan judul buku apa yg ingin di baca) alias untuk memastikan buku apa yg akan dibacanya segera… Itu nyata, bagi hidupnya bahkan bagiku, bahwa meminati buku dan doyan membaca buku harus dimulai sejak dini.

Aku meyakini bahwa Asnat salah satu dari sekian banyak anak usia dini di tanah Papua, yang memiliki kerinduan (hasrat), rasa ingin tahu yang tinggi terhadap apa yang ia dapatkan dari sebuah buku yg dibacanya (entah itu dari warna buku, tulisan dalam buku, maupun gambar yg tertuang didalam bacaannya).

Bisa jadi itu adalah hal baru baginya, dan membuatnya semakin termotivasi untuk menemukan hal hal baru dari sebuah buku (aku menyebutnya sebagai keajaiban dari sebuah buku).

~Vilta Lefaan

(Visited 81 times, 1 visits today)