Pemda Teluk Bintuni Canangkan Gerakan Membaca Buku

Pemda Teluk Bintuni Canangkan Gerakan Membaca Buku

Mei 8, 2018 0 By admin

Bintuni, kadatebintuni.com ~ Pemerintah daerah (Pemda) kabupaten Teluk Bintuni mencanangkan gerakan membaca buku. “Kita saat ini sangat sulit mendapatkan literasi bermutu dari gadget dan itu hanya bisa diperoleh melalui buku-buku,” ungkap Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw, Senin (7/5).

Pada acara Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Membaca serta Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah kabupaten Teluk Bintuni, yang diikuti pelajar Tingkat SMP dan SMA yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Bintuni, Bupati Petrus Kasihiw menyatakan komitmen untuk membangun sinergitas dalam menggenjot minat baca generasi muda Teluk Bintuni melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah kabupaten Teluk Bintuni dengan menghadirkan literasi bermutu serta mengimplementasikan Perpustakaan sebagai sarana pembangunan daerah.

Sementara Kepala Perpustakaan Nasional Moh. Syarif Bando saat membuka acara tersebut mengatakan kabupaten Teluk Bintuni merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang mememiliki beragam potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan terbesar di Papua Barat yang mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

Salah satunya yaitu mengencarkan kembali minat baca generasi muda dalam mempersiapkan SDM yang handal untuk bersaing dalam era globalisasi saat ini serta merubah paradigma masyarakat tentang membaca dan perpustakaan hanya sebagai tempat koleksi deretan buku-buku tua.

Dia menjelaskan, untuk mewujudkan revolusi mental maka paradigma perpustakaan sudah berubah dari yang dikunjungi menjadi yang mengunjungi. “Oleh sebab itu perpustakaan harus lebih memperbanyak literasi buku-buku terapan dan teknologi tepat guna yang simpel dan menarik seperti bagaimana mengolah singkong, bagaimana beternak lele jumbo yang baik serta lain-lainnya.

Literasi (data, sumber dan informasi valid) bacaan juga akan menentukan dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

Hadir pada kegiatan itu diantaranya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Papua Barat Bernadus Erari, Plt. Sekda Teluk Bintuni Gustaf Manuputty, Forkopimda Teluk Bintuni serta pelajar tingkat TK, SMP dan SMA yang turut memeriahkan kegiatan tersebut dengan beberapa pertunjukkan menarik.

Pada kesempatan itu pula Kepala Perpustakaan Nasional menyerahkan satu unit mobil perpustakaan keliling kepada Pemda Teluk Bintuni yang diterima langsung oleh Bupati Petrus Kasihiw sekaligus mencanangkan Gerakan Teluk Bintuni Membaca. [Daniel MD]

(Visited 40 times, 1 visits today)