Tahun 2019: Di Bintuni, Layanan Internet Jaringan Fiber Optik

Tahun 2019: Di Bintuni, Layanan Internet Jaringan Fiber Optik

Mei 15, 2018 0 By admin

Bintuni, kadatebintuni.com ~ Setelah melakukan pergelaran kabel fiber optik sampai Bintuni, perusahaan Palapa Timur Telematika (PTT) melakukan pagelaran kabel fiber optik menggunakan kapal Nostag 10 ke lokasi proyek LNG Tangguh, yang dimulai Jumat (11/5).

Pimpinan Proyek Palapa Ring Timur, Benyamin Sembiring menjelaskan, di Teluk Bintuni mereka menggunakan kapal Nostag 10. Dalam melakukan pergelaran kabel fiber optik, untuk sungai yang dilewati dan dangkal, akan digali dasar sungai 2 meter untuk menempatkan kabel fiber optik tersebut.

Dijelaskan pusat kabel fiber optik untuk Bintuni berada di darat dari Manokwari. Dan akan dipasang power sistem khusus berupa genset dan baterey sebagai beck up untuk mengatasi bila terjadi pemadaman listrik agar jaringan tetap hidup.

Dengan adanya jaringan kabel fiber optik maka jaringan internet nantinya tidak terbatas atau unlimited dengan biaya yang lebih murah, dan dengan harapan jaringan internet di Papua dan Papua Barat termasuk Bintuni sama dengan di pulau Jawa.

Dikatakan pula bahwa pekerjaan pagelaran kabel fiber optik bawah laut itu menggunakan 3 kapal yang diharapkan selesai akhir tahun 2018. Bila tidak ada halangan pagelaran kabel di laut dan di darat, maka masyarakat sudah bisa menggunakan jaringan fiber optik ini pada tahun 2019. [Daniel MD]

(Visited 79 times, 1 visits today)