Pengukuhan Kepala Suku Dan Pelantikan LMA 7 Suku Teluk Bintuni Dilapangan Terbuka

Pengukuhan Kepala Suku Dan Pelantikan LMA 7 Suku Teluk Bintuni Dilapangan Terbuka

Juli 22, 2018 0 By admin

Mecu Waney

BINTUNI, kadatebintuni.com ~ Senin tanggal 23 Juli 2018, rencana pengukuhan dan pelantikan Kepala Suku dan Badan Pengurus Lembaga Masyarakat Adat (LMA) 7 (tujuh) Suku kabupaten Teluk Bintuni oleh Drs. Dominggus Mandacan selaku kepala suku besar Arfak yang secara adat mempunyai hubungan juga dengan suku-suku yang berada di Teluk Bintuni ini.

Mereka yang akan dikukuhkan dalam pelantikan sebagai Kepala Suku untuk saat ini yakni Kepala Suku Sough Korneles Mokiri, Kepala Suku Moskona Ruben Masakoda, dan kepala Suku Wamesa Sakarias Baperandi, serta Kepala Suku Irarutu Marthen Wersin.

Hal ini seperti diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Acara Pengukuhan dan Pelantikan Kepala Suku dan Badan Pengurus LMA 7 Suku kabupaten Teluk Bintuni Mecu Waney di GSG, Minggu (22/7).

Mecu Waney mengatakan untuk Badan pengurus LMA 7 Suku sudah semua sudah siap, mereka berjumlah 31 orang yang akan dilantik untuk melaksanakan tugas periode 2018/2023.

Undangan kata Mecu sudah dibagikan, terutama untuk 7 suku masing-masing, dan waktunya Senin pukul 11.30 Wit. Sejumlah tamu penting akan hadir karena Dominggus Mandacan selain sebagai kepala suku besar Arfak juga Gubernur Provinsi Papua Barat. Selain Bupati Ir. Petrus Kasihiw dan pejabat kabupaten, juga hadir tamu undangan dari provinsi seperti Kapolda, anggota MRP dan DPRD Provinsi Papua Barat.

Secara teknis acara dengan tema “Bersatu Sehati Membangun Teluk Bintuni,” menurut koordinator acara Yustinus Kurube, S.Kep bahwa ada beberapa tarian penjemputan telah disiapkan untuk mulai dari depan lapangan GGS sampai masuk arena kegiatan.

Dikatakan, untuk proses pengukuhan dan pelantikan Kepala Suku dan BP LMA Tujuh Suku dilakukan dihalaman Gedung Serba Guna (GSG), dan untuk acara laporan ketua panitia serta sambutan-sambutan dilangsungkan dalam GSG. “Ada tiga sambutan yaitu dari Pengurus LMA Tujuh Suku tingkat kabupaten oleh DR. Drs. H. Djamulidin Iribaram MSi, Bupati Ir. Petrus Kasihiw MT dan Bapak Drs. Dominggus Mandacan selaku kepala suku besar Arfak,” ungkapnya.

Dikatakan, dalam momentum ini tersedia tujuh stan yang dibangun berjejeran untuk menyediakan menu khas tujuh suku serta kerajinan yang berada di halaman GSG Bintuni. [Daniel MD]

(Visited 400 times, 1 visits today)