Penilaian Budaya Kerja, Kadin Kependudukan Dan Capil Ajak Tim Provinsi Tinjau Pelayanan

Penilaian Budaya Kerja, Kadin Kependudukan Dan Capil Ajak Tim Provinsi Tinjau Pelayanan

Agustus 15, 2018 0 By admin

Bintuni, Kadatebintuni.com ~ Budaya kerja, sangat menentukan baik tidaknya roda sistem dalam sebuah tatanan kerja bergerak. Semakin positif budaya kerja perusahaan maka semakin baik pula sistem kerjanya. Atau dapat di katakan untuk menumbuhkan semangat serta loyalitas karyawan, penting bagi setiap perusahaan untuk membangun budaya kerja yang kuat.

Berbicara mengenai budaya kerja, ternyata hal ini juga di prioritaskan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang merupakan roda dari pemerintahan, dengan tujuan melakukan penilaian khusus pada budaya kerja ini, pada Rabu (15/8) di utus tim penilaian dari Provinsi Papua Barat, yang mengunjungi beberapa dinas untuk melakukan penilaian budaya kerja.

Di ikuti oleh media ini, pada pukul 11.56 WIT, Tim penilaian provinsi dari Biro Organisasi Papua Barat yang berjumlah 4 orang, di pimpin langsung oleh Kabiro Organisasi Papua Barat, Supriyatna. Mengunjungi salah satu dinas atau OPD yang mengikuti perlombaan yang dimaksud, yakni Dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil), Teluk Bintuni.

Disambut langsung oleh Kadin Disdukcapil Irwan Nazar, S. Sos, MM, tim kemudian di ajak berkeliling kantor. Sambil melihat ruangan kerja berbagai bidang kerja di kantor tersebut, tim juga melakukan interaksi langsung dengan petugas yang sedang melakukan pelayanan di loket.

Baik itu perekaman E-Ktp, penerbitan kartu keluarga, Akta kelahiran, dan dokumen kependudukam lainnya, serta melihat langsung server room atau Laboratorium SIAK (sistem informasi administrasi kependudukan), dimana data kependudukan diolah.

Kabiro organisasi papua barat, Supriyatna yang sempat di wawancarai media ini menjelaskan bahwa, sosialiasi budaya kerja telah di lakukan beberapa waktu lalu yang diikuti oleh Kabupaten kota se provinsi Papua Barat, dan provinsi.

Hasil dari itu, maka dilakukan penilaian budaya kerja di setiap perangkat daerah, termasuk Bintuni, “yang kami nilai adalah budaya kerjanya, apakah telah diterapkan dalam sistem pelayanan masyarakat atau belum. Oleh setiap pegawai,” jelasnya.

“Untuk Bintuni sendiri ada 3 OPD yang mengikuti penilaian karena telah lakukan pendaftaran dan mengirimkan sinopsisnya kepada tim, yakni Disdukcapil, Badan Pendapatan Daerah, dan Dinas Perumahan. Sedangkan untuk OPD yang terbaik dalam penilaian budaya kerja sendiri, akan di berikan penghargaan, sertifikat dan pemberian plakat yang di rencanakan diserahkan oleh Gubernur, bertepatan dengan HUT RI, ” imbuh Supriyatna.

Ditemui terpisah, Kadin Disdukcapil Bintuni Irwan Nazar, menjelaskan bahwa motivasi utama turut menjadi peserta penilaian adalah, untuk menunjukan bahwa pelayanan yang di berikan oleh Dinas Kependudukan dan Capil sendiri dapat di nilai baik dari tim maupun masyarakat.

Salah satu bentuk komitmen pelayanan oleh Disdukcapil Teluk Bintuni adalah memudahkan masyarakat, dalam memperoleh pelayanan baik segi akomodasi maupun ke paripurnanya pelayanan. “Kami adalah pelayan, dimana kami hadir untuk membahagiakan masyarakat, bukan sebaliknya,” ujar Irwan, menutup wawancara. [Baim]

(Visited 180 times, 1 visits today)