“Om Longgi” Sang Pembelah Lautan Pesisir Selatan Teluk Bintuni

“Om Longgi” Sang Pembelah Lautan Pesisir Selatan Teluk Bintuni

April 29, 2019 0 By admin

Longginus Patiran (56tahun), lelaki yang sudah memasuki usia senja itu sehari-hari sebagai seorang juru mudi perahu fiber (longboat), lintas Bintuni-Pesisir (Tomu, Taroy dan sekitarnya).

Bermodal mesin 15 PK dan body perahu fibernya, “Om Longgi”, sapaan akrabnya, hampir tiap hari membelah perairan Teluk Bintuni, daerah pesisir selatan, tak kurang 4 jam perjalanan ia tempuh.

Hari Jumat, 26 April 2019, siang itu dibawah sinar terik matahari, Wawan Gunawan, penulis portal berita www.papuakini.com ikut menumpangi perahunya om longgi menuju distrik Tomu, Taroy dari pelabuhan Jetty Kampung Lama Bintuni.

Di sela-sela perjalanan, om Longgi yang sudah biasa melewati medan laut yang terbilang yang ekstrim semenjak dari bangku sekolah menengah pertama itu, bercerita bahwa, seringkali suasana lautan tidak melulu bersahabat. Tak jarang, sapuan ombak dan arus menjadi sensasi tersendiri yang harus dihadapi perahu fibernya.

Ekstrimnya lagi, protap keselamatan seperti Safety Jacket, atau pelampung penyelamat tidak dikenakannya, bukan karena tidak perduli akan keselamatan, namun kurangnya sosialiasi mengenai standar keselamatan kepada Om Longgi dan kawan-kawan motores. “Kalau ada apa-apa harus siap,” ujarnya dengan senyum polos diwajahnya.

Om Longgi, tidak ingat jelas, peristiwa yang acap kali membahayakan dirinya. “Sudah jadi biasa, jadi memang seperti hal rutin, kadang ombak dia pukul perahu, harus pegang kemudi baik, karena yang paling penting, nyawa penumpang ini,” tutur Om Longgi, sambil tetap fokus mengemudi, walaupun sudah tak semuda dulu, matanya tetap awas membaca arah angin, dan pergerakan arus gelombang air laut.

Diusianya kini, om Longgi tetap menjadi motores karena keadaan yang mengharuskan, terkadang dihadapi masyarakat. Bicara mengenai pekerjaan para pembelah lautan ini, kiranya selalu dapat diperhatikan, dengan disediakan fasilitas yang dapat mendukung, baik dari segi perawatan fasilitas ataupun keselamatannya. [Wawan/Dani]

(Visited 271 times, 1 visits today)