Tenaga Promkes Puskesmas Kamundan Lakukan Penyuluhan Hidup Bersih Dan Ajarin Anak Cuci Tangan Pakai Sabun

Tenaga Promkes Puskesmas Kamundan Lakukan Penyuluhan Hidup Bersih Dan Ajarin Anak Cuci Tangan Pakai Sabun

Oktober 9, 2019 0 By admin

BINTUNI | kadatebintuni.com ~ Tenaga promosi kesehatan (Promkes) Puskesmas Kalitami Distrik Kamundan melakukan penyuluhan manfaat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu juga memberikan edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), hal tersebut dapat mengurangi timbulnya wabah penyakit akibat dari pola hidup masyarakat yang kurang paham dengan pentingnya hidup bersih dan sehat di wilayah Distrik tersebut.

Saat dijumpai Kadate, tenaga Promkes Kalitami Haris Laode menuturkan bahwa pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sejak dini dimulai dari diri sendiri, giat tersebut sudah dilaksanakan pertiga bulan dalam satu tahunya, seperti yang dilakukanya pada tanggal 1 Oktober 2019 lalu.

Pentingnya PHBS dan CTPS di laksanakan di setiap Puskesmas yang di programkan oleh Dinas Kesehatan Teluk Bintuni sudah mulai nampak hasilnya, seperti di Puskesmas Kalitami, yakni berkurangnya warga masyarakat yang mengalami Diare.

“Adapun angka di Agustus 2018 lalu mencapai 18 kasus, dan 1 orang bayi meninggal dunia akibat Diare, sedangkan di tahun Agustus 2019 kasus Diare mengalami penurunan yakni mencapai angka 3 kasus diare dan tidak ada yang meninggal,” ungkap Haris, Rabu (9/10).

Haris menambahkan walaupun letak geografis yang cukup jauh dari ibu kota kabupaten, tidak membuatnya sebagai tenaga Promkes menyerah akan terus melakukan Edukasi pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat di wilayah kerja puskesmas kalitami. (Wn/Daniel)

(Visited 182 times, 1 visits today)