Dinas Sosial Teluk Bintuni Adakan Bimtek Bagi Penerima Manfaat KUBE dan RS Rutilahu di Distrik Tuhiba

Dinas Sosial Teluk Bintuni Adakan Bimtek Bagi Penerima Manfaat KUBE dan RS Rutilahu di Distrik Tuhiba

Oktober 31, 2019 0 By admin

Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Teluk Bintuni Kornelis Asmorom SST, MPS,sp saat memberikan bimbingan teknis terkait penyaluran program Kube dan RS Rutilahu di Balai Distrik Tuhiba, Kamis (31/10)

BINTUNI | kadatebintuni.com ~ Dinas Sosial kabupaten Teluk Bintuni mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) bagi warga masyarakat penerima manfaat program Kelompok Usaha Bersama (KUBE), dan program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-Rutilahu) di Balai Distrik Tuhiba, Kamis (31/10).

Kepala Dinas Sosial Yan Pit Bandi, SE melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Penanganan Fakir Miskin Kornelis Asmorom, SST, MPS,sp menjelaskan bahwa pada tahun anggaran 2019, lewat Kementerian Sosial, kabupaten Teluk Bintuni mendapatkan program bantuan KUBE untuk 2 distrik yakni Tuhiba dan Mayado. Dan juga program Rahabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-Rutilahu).

“Kita memberikan bimbingan teknis bagi penerima manfaat program KUBE dan RS Rutilahu di Distrik Tuhiba ini, sekaligus penandatangan berita acara penyaluran dana bantuan kedua program ini. Karena uangnya sudah masuk langsung ke rekening masing-masing kelompok KUBE dan juga untuk KPM RS-Rutilahu. Ini program langsung dari Kemensos RI” kata Kornelis Asmorom.

Dijelaskan bahwa terkait itu, telah terbentuk 10 KUBE dan 4 kelompok penerima program RS-Rutilahu di Distrik Tuhiba dengan 1 (satu) tenaga pendamping.“Keseluruhan penerima program RS Rutilahu 56 KPM untuk 2 Distrik, untuk Tuhiba ada 35 KPM yang tergabung dalam 4 kelompok, sementara program KUBE ada 10 kelompok, masing-masing kelompok 10 anggota (ada ketua, sekretaris dan bendahara),” jelasnya.

Dia menyebutkan besaran bantuan dana untuk tiap KUBE sebesar Rp. 20 juta, dan untuk masing-masing KPM program RS Rutilahu sebesar Rp. 15 juta.

Turut hadir memberikan Bimbangan Teknis, dari pihak Kementerian Sosial Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin Wilayah III, Irwan yang menjelaskan tentang mekanisme penyuluran program Kube dan RS Rutilahu.

Dia berharap prgram ini dapat bermanfaat untuk meningkatakan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat khususnya keluarga penerima manfaat (KPM). Hadir pula dari Dinas Sosial Provinsi Papua Barat Bidang Penanganan Fakir Miskin Henok Indow, serta dari Dinas Pertanian. [Daniel]

(Visited 152 times, 1 visits today)