Lewat Musda II, Rita Carolin Apalem Terpilih Pimpin PD Ikatan Bidan Indonesia Papua Barat

Lewat Musda II, Rita Carolin Apalem Terpilih Pimpin PD Ikatan Bidan Indonesia Papua Barat

November 11, 2019 0 By admin

BINTUNI | kadatebintuni.com ~ Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (PD IBI) Provinsi Papua Barat melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) II, yang berlangsung di Swiss Bell Hotel, Manokwari, Senin (11/11/2019). Thema, “Bidan Garda Terdepan Mengawal Kesehatan Maternal Neonatal melalui GERMAS dan Pelayanan Berkualitas”.

Musyawarah Daerah II dilaksanakan untuk pemilihan ketua PD IBI yang baru lewat pemilihan suara terbanyak Rita Carolin Apalem, Am.Keb.,SKM.,M.Kes, terpilih sebagai ketua PD IBI periode 2018-2023.

Ketua Pengurus Daerah (PD) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) terpilih periode 2018-2023, Rita Carolin Apalem, Am.Keb., SKM., M.Kes berharap untuk semua pengurus dapat menopang satu sama lain untuk menjalankan tugas tanggung jawab bersama serta bekerja bersama-sama.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Ikatan Bidan Indonesia (IBI), yang di wakili oleh Sekretaris Jendral Pusat DR. Ade Zubaedah. SSIT., MM., MKM saat memberikan sambutan di sela-sela panutupan kegiatan ini memberikan apresiasi atas terselenggaranya Musyawarah Daerah II itu.

Ia mengatakan bahwa di era digitalisasi ini salah satunya, organisasi berbasis IT ini sudah di buktikan dengan bagaimana adanya sosialisasi KTA dan STR, tentunya STR bukanlah hal yang baru, yaitu STR online dua titik nol sudah berjalan.

“Dan langkah-langkah solusi agar teman-teman mendapatkan legalitas karena seperti kita ketahui dalam undang-undang nomor 4 tahun 2019 yang mengatakan definisi bidan ada tiga esensi dasar. Pertama bidan harus tersertifikasi, kedua bidan harus berlisensi, ketiga bidan harus teregistrasi,” ujarnya.

Mantan Ketua IBI Provinsi Papua Barat Yosina Orboy, SKM, M.Kes saat memberikan sambutan mengucapkan trimakasih kepada semua pengurus daerah Ikatan Bidan Indonesia sehingga acara musyawarah dua berjalan dengan baik. “Saya sebagai ketua demisioner, mengucapkan terimakasih buat ikatan bidan indonesia yang telah membantu saya dalam menjalankam tugas di periode pertama pada tahun 2013 hingga 2019 sekarang,” katanya.

Dikatakan, ada 7 Pengurus Cabang yang telah terbentuk, PC Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Fak-Fak, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Sorong, Kabupaten Maybrat, Kota Sorong, dan Pengurus Daerah Provinsi Papua Barat.

Salah satu wakil ketua PC Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Teluk Bintuni, Kace B. Satya, Am.Keb., SKM. saat di konfirmasi Kadatebintuni.com, mengatakan kendala yang dialami hanya masalah jangkauan pelayanan, namun dengan adanya kehadiran bidan-bidan yang sudah ditempatkan pada 24 Puskesmas maupun Pustu-Pustu sehingga pelayanan itu bisa dapat dijangkau sesuai dengan kondisi daerah yang ada baik di pesisir, dataran dan pegunungan.

“Kami melihat situasi 10 tahun yang lalu dengan kondisi yang sekarang perubahannya sangat luar biasa, karena adanya dukungan pemerintah, dukungan dari masyarakat, pihak LSM, pihak BP, OPD terkait dan pihak terkait lainnya kemajuannya sangat luar biasa ” katanya.

Ia berharap kedepan adanya kerjasama antara bidan-bidan yang ada, karena kadang kala dukungan dari masyarakat juga masih butuhkan dengan adanya masyarakat membuat kami sebagai bidan menjadi betah, setiap bidan sebelum turun ke lapangan dibekali untuk pelayanan.

Dikesempatan itu dibacakan SK Tugas, Penyerahan SK tugas, penyerahan Pandil, pengalungan piagam, oleh Wakil Ketua Pengurus Pusat IBI kepada ketua yang baru, penandatanganan SK oleh ketua lama dan ketua baru, setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan Piagam Penghargaan kepada ketua lama. Pemberian cindera mata dari ketua terpilih baru kepada ketua yang lama. (Dolly)

(Visited 218 times, 1 visits today)