Mahasiswa Papua Barat Deklarasi HIMAPABAR

Mahasiswa Papua Barat Deklarasi HIMAPABAR

Juli 20, 2020 0 By admin

JAKARTA | kadatebintuni.com ~ Sejumlah aktivis mahasiswa Papua Barat di wilayah Jabodetabek melakukan deklarasi, pembentukan Himpunan Mahasiswa Papua Barat disingkat HIMAPABAR. Acara Deklarasi itu berlangsung pada Minggu 19 Juli 2020 di Caffe Mie Aceh Cilosari Menteng Jakarta Pusat.

Dalam deklarasi itu terpilih sebagai ketua sementara Abdul Rahman Mustafa Werfete/ Bio (Bendahara Umum Himpunan Mahasiswa Kaimana/HIMAKA) Sekretaris, Malkin Kosepa (Teluk Bintuni) dan sdr. Mia Haay (Ketua Ikatan Keluarga Besar Mahasiswa Tambraw) sebagai Bendahara.

Sambutan delegasi dalam deklarasi itu antara lain, Noventus Krispul, Alumni IKMAFAK Jakarta.

Noventus Krispul, mengatakan, kegiatan ini sangat luar biasa, karena selama ini hanya dalam perencanaan dan baru terlaksana.

“Hari ini bisa terlaksana, dulu senior kita namanya pak Jhon dari perwakilan pernah ambil data mahasiswa, tapi tiba-tiba gagal karna pak Jhon kembali ke daerah.

Saya ucapkan terima kasih banyak kepada teman-teman yang telah berhasil mewujudkan keinginan kita bersama untuk membentuk kegiatan Deklarasi ini,” ujar Noventus Krispul.

Delegasi Rais Anwar sebagai Ketua Ikatan Mahasiswa Fakfak menyampaikan lima point penting antara lain:

  1. Apresiasi yang sangat tinggi bagi kawan-kawan, saya sudah tanya kepada senior-senior tentang pembentukan organisasi seperti ini mereka semua mengapresiasi dengan baik.
  2. Inti dari perkumpulan ini adalah hubungan kekeluargaan yang baik antar mahasiswa asal Papua Barat. Alhamdulillah saat ini kita sudah aktif lagi dalam himpunan kita untuk belajar didalam himpunan tersebut. Kita juga mendapat support dari Pemprov DKI Jakarta dalam hal ini bagian Kesbangpol.
  3. Untuk himpunan mahasiswa asal Papua Barat yang baru terbentuk baru ada di Sulawesi Selatan, dan dengan deklarasi yang akan kita buat maka kita menjadi yang ke 2. Landasan kita tetap kepada Pancasila dan UUD 1945 akan tetapi kita tetap tidak akan melupakan kebudayaan kita.
  4. Kami sudah sepakat menunjuk Bio Werfete sebagai ketua sementara mahasiswa Papua Barat untuk mengurus semua kegiatan.
  5. Saya ingin sampaikan bahwa hanya perwakilan kota Sorong tidak hadir berkenan kembali ke daerah dalam rangka keperluan sekretariat mahasiswa di Jakarta dan saya sudah berkordinasi dengan yang bersangkutan tentang agenda Deklarasi hari ini, seluruhnya setuju.

Dalam Deklarasi ini kami sepakat menunjuk Pengurus Himpunan Mahasiswa Papua Barat se-Jabodetabek. (***/Daniel)

(Visited 286 times, 1 visits today)