Seruan Ketua LMA, Tadius Fossa: “Sumuri Panggil Pulang” 

Februari 16, 2022 0 By admin

Kegiatan Pra Mubes Suku Sumuri di Tofoi, Distrik Sumuri pada tanggal 11-12 Februari 2022

“Sumuri Panggil Pulang” Donamuni Memareta Ki SRAFO Nyataso Kadera/Nakinane Namufafo Kimirifera: Bapa Tunggu anak anak semua di rumah. Kamu gendong yang tidak bisa jalan dan pegang tangan yang buta. Untuk Torang Bicara Sumuri (SRAFO) ini.

Kamu mau bawa ke mana dan seperti apa nanti ke depan. Sebentar lagi daun tua turun ke tanah dan hilang. Kamu Tunas muda yang nanti tumbuh berkembang.

Arah Sumuri Kamu mau bawa ke mana? Kamu anak anak dan cucu yang nanti berdiri dan melihat Suku Sumuri (SRAFO) ke depan. Kunci adalah jujur di atas tanah ini.

Diatas adalah petikan seruan Ketua LMA Suku SUMURI, Bapak Tadius Fossa di awal tahun 2022, dan mendapatkan dukungan luar biasa dari seluruh Komunitas Masyarakat Sumuri. Hal ini ditandai dengan terbentuknya Panitia pelaksanaan kegiatan.

Bapak Martinus Agofa dipercayakan sebagai Ketua untuk menyiapkan beberapa agenda utama termasuk Konsolidasi, Pemetaaan isu sosial dan kebutuhan Suku Sumuri secara umum dan persiapan agenda “SUMURI Panggil Pulang”.

Pemilihan dan Penyerahan SK Ketua Pelaksana “Sumuri Panggil Pulang”, pertemuan pada tingkat Kampung dan Distrik sudah dilakukan untuk mendapatkan masukkan dari masyarakat Sumuri yang dirangkum dalam beberapa topik utama antara lain Kultur Budaya dan Sosial Suku Sumuri.

Kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) Suku Sumuri; Tanah dan kepemilikan Suku Sumuri; Investasi dan Kawasan Industri di Sumuri; Pemekaran Distrik dan Kampung di Sumuri; Legislatif dan Eksekutif Orang Sumuri; Infrastruktur Publik (sarana Umum) di Sumuri.

Dari topik tersebut, kesiapan SDM-lah menjadi perhatian utama. Peserta Rapat Panitia, menurut Ketua Panitia Bapak Martinus Agofa, dari data yang ada khusus SDM ASN (Aparatur Sipil Negara), apa salah Kami orang Sumuri hingga dari sekitar 2000-an ASN di kabupaten Teluk Bintuni saat ini, populasi Suku Sumuri baru mencapai 2 %. Apa yang perlu dilakukan supaya populasi ASN orang Sumuri mencapai minimal 5 %?.

“Kami juga menyadari banyak anak putus sekolah di tingkat SMP dan SMU yang perlu Kami benahi bersama OPD terkait dengan Komitmen Keluarga,” ungkap Martinus Agofa.

Ia juga menyampaikan terima kasih Kepada Kepala Dinas Perikanan Teluk Bintuni Bapak Decky Mecibaru atas arahan dan dukungan yang diberikan kepada Panitia termasuk atas terlaksananya Pra Mubes yang diselenggarakan di Tofoi, Distrik Sumuri tanggal 11-12 Februari 2022.

Ibu Marsela Inanosa menyoroti Angka Putus Sekolah Anak Sumuri yang Tinggi.

Panitia merencanakan kegiatan MUSYAWARAH BESAR SUKU SUMURI I”, sebagai bagian dari agenda Sumuri Panggil Pulang pada bulan Juli 2022.

Ketua Panitia kembali menyampaikan, “ Sumuri harus bersatu, mengejar masa depan Sumuri yang lebih baik, sebab masa depan yang cerah tidak pernah di janjikan kepada siapa pun, kamu, kita, orang Sumuri harus mengejar nya sendiri”. [Avd]

Editor : Daniel Duwit

(Visited 528 times, 1 visits today)