Adakan Lomba Bercerita – Karya Tulis Ilmiah, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Teluk Bintuni Gelar “Technical Meeting”

Adakan Lomba Bercerita – Karya Tulis Ilmiah, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Teluk Bintuni Gelar “Technical Meeting”

Oktober 18, 2019 0 By admin

 

BINTUNI | kadatebintuni.com ~ Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah kabupaten Teluk Bintuni menggelar “Technical Meeting” bagi tingkat anak sekolah SD, dengan kategori lomba bercerita, serta untuk anak tingkat SLTP, SMA sederajat yakni lomba karya tulis ilmiah.

Hal ini seperti yang dijelaskan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Teluk Bintuni Hermin Talakua, SE, MM, Jumat (18/10/2019).

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Teluk Bintuni Hermin Talakua

Hermin Talakua mengatakan di tahun 2019 antusias peminat peserta lomba cukup signifikan dibandingkan pada tahun 2018, mengingat giat lomba tersebut sampai di tingkat Nasional. Tahun 2018 perwakilan dari kabupaten Teluk Bintuni meraih juara lomba bercerita juara 1 sampai tingkat provinsi, “sehingga kita mewakili Provinsi Papua Barat untuk tingkat Nasional, namun pada tingkat Nasional kita belum mendapatkan hasilnya,” tutur Hermin Talakua.

Menurutnya, ini menjadi motifasi yang sangat besar untuk anak-anak Kabupaten Teluk Bintuni, untuk berkarya membawa nama baik kabupaten Teluk Bintuni pada khususnya, serta nama baik provinsi Papua Barat. “Kita bertekat dan optimis agar bisa meraih juara sampai tingkat Nasional di tahun ini,” terang Hermin.

Lanjut ia menjelaskan bahwa di tahun 2018 hanya 9 anak yang ikut dalam ivent ini dari perwakilan 4 Sekolah, akan tetapi di tahun 2019 ada 10 sekolah yang terlibat kategori lomba cerita rakyat. Dan untuk lomba karya ilmiah di tahun 2018 hanya 3 sekolah, sedangkan di tahun 2019 ada 15 sekolah yang terlibat, dari semua peserta yang ikut ada salah satu sekolah yang letak geografisnya cukup jauh yakni sekolah dasar negeri Kalitami Distrik Kamundan.

Ini suatu bukti bahwa peningkatan peminat lomba cerita rakyat dan karya tulis ilmiah sudah mulai banyak peminatnya, itu artinya literasi sudah mulai membudaya di Kabupaten Teluk Bintuni.

Hermin juga berharap kedepan dengan adanya iven-iven seperti ini yang membentuk mental yang bagus bagi anak anak di usia dini agar terus berkarya sesuai minat dan bakatnya, hal ini dapat meningkatkan Sumber daya manusia yang handal dan berdaya saing. (Wn/azrul)

(Visited 96 times, 1 visits today)