Terkait Pengisian Kursi Sekda Teluk Bintuni, Begini Pendapat Pemuda Irarutu Ilham Refideso

Terkait Pengisian Kursi Sekda Teluk Bintuni, Begini Pendapat Pemuda Irarutu Ilham Refideso

Mei 4, 2020 0 By admin

Ilham Refideso

BINTUNI | kadatebintuni.com ~ Salah satu tokoh pemuda Teluk Bintuni asal suku Irarutu (satu dari 7 suku lokal di Teluk Bintuni) Ilham Refideso mengemukakan pendapatnya terkait munculnya nama Drs. Frans N Awak sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah kabupaten Teluk Bintuni.

Hal ini terkait pula dengan berakhirnya masa jabatan Sekretaris Daerah Teluk Bintuni Gustaf Manuputty, S.Sos. MM yang telah memasuki masa purna bhakti pada tanggal 12 April 2020, dan telah resmi pada 1 Mei 2020. Maka kursi Sekda Teluk Bintuni mengalami kekosongan.

Ilham Refideso berpendapat bahwa figur Frans Awak yang kini menjabat Asisten I Bidang Pemerintahan merupakan sosok yang tepat untuk mengisi posisi jabatan Plt. Sekda Teluk Bintuni itu. Dan juga dapat menjadi Sekda devinitif.

Frans Awak, kata Ilham Refideso, termasuk ASN senior yang berada dalam pemerintahan Bupati Ir. Petrus Kasihiw, MT.

Menurut bung Bule, begitu sapaan sehari-sehari itu bahwa beberapa posisi penting di pemerintahan di Teluk Bintuni telah di duduki oleh suami dari Jane Fimbay, SPd itu. (Jane Fimbay merupakan salah satu perempuan orang asli Papua dari salah satu suku lokal di Teluk Bintuni yang juga jabat pimpinan salah satu OPD Pemda Teluk Bintuni.)

Dia merinci bahwa mantan Sekretaris Kecamatan (Sekwilcam) Amberbaken Manokwari itu pernah bekerja sebagai PNS di kecamatan Merdey (masih jadi bagian dari kabupaten Manokwari) . Lalu menjadi Camat (Kepala Distrik sekarang,red) Babo sebelum pemekaran kabupaten Teluk Bintuni. Dan ikut dalam pemekaran kabupaten Teluk Bintuni.

Selain itu, setelah pemekaran kabupaten Teluk Bintuni, Frans Awak, lanjut kata Ilham juga pernah menjabat Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Teluk Bintuni, selanjutnya sebagai Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan. “Dan juga beliau pernah menjabat sebagai Plt. Kepala Dinas PU dan saat ini menjabat sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan,” kata Ilham, Senin, 4 Mei 2020.

Di luar pemerintahan, kata Ilham bahwa yang diketahui, Frans Awak juga dipercayakan jadi pengurus Klasis GKI di Teluk Bintuni sebagai Wakil Ketua Klasis. Serta aktif dalam kepengurusan LPPD Kabupaten Teluk Bintuni sebagai Ketua I.

“Dalam Bidang Olahraga dan Kepemudaan, Pak Awak juga saat ini sebagai Ketua Harian KONI Kabupaten Teluk Bintuni dan juga pernah menjabat sebagai Ketua Perbasi Cabang Bintuni. Dengan melihat rekam jejak beliau yang sangat luar biasa, baik di dunia pemerintahan maupun bidang kemasyarakatan, maka sudah sepantasnya beliau di percayakan oleh negara lewat pimpinan daerah sebagai Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Teluk Bintuni,” tandas pria alumni STPMD “APMD” Yogyakarta dan juga mantan Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Yogyakarta itu. || Daniel

(Visited 761 times, 1 visits today)