Tiba Di Bintuni, Pjs. Bupati Agustinus Rumbino Disambut Tarian Adat Suku Biak

Tiba Di Bintuni, Pjs. Bupati Agustinus Rumbino Disambut Tarian Adat Suku Biak

September 29, 2020 0 By admin

Bintuni, Kadatebintuni.com – Pengantar tugas Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Teluk Bintuni Agustinus Melkias Rumbino, SIP MSi bersama ibu dan rombongan tiba di Bintuni, Selasa, 29 September 2020. Diantar oleh Kepala Inspektorat Sugiono mewakili Gubernur Papua Barat dan disambut oleh Plt. Sekda Drs. Frans N. Awak beserta pimpinan OPD.

Saat tiba itu juga di sambut dengan tarian adat Suku Biak yang kemudian mengantar serta menyerahkan kepada tujuh Suku yang diwakili suku Irarutu di pintu masuk Kediaman Sementara bagi Pjs. Bupati di Bumi Saniari SP III Manimeri, di rumah Dinas Sekretaris Daerah.

Ketua Kerukunan Keluarga Bindara di Teluk Bintuni Ekber Fakdawer, SH MM saat menyambut Pjs. Bupati Agustinus Rumbino dalam prosesi adat Suku Biak mengatakan penyambutan dengan budaya tarian adat di lakukan untuk menerima dan menyerahkan putra asal suku Biak itu pada masyarakat tujuh suku di Teluk Bintuni.

“Ini budaya yang harus kami lakukan untuk anak kami (Agustinus Rumbino,red), sesuatu yang luar biasa, kami menumpang di daerah ke tujuh suku disini. Dan telah menyerahkan anak kami yang datang bertugas pada masyarakat adat tujuh suku, dan suku-suku lainnya,” ungkap Ekber Fakdawer, mantan Kepala Dinas Kesehatan Teluk Bintuni itu.

Ditambahkan oleh Koordinator Penjemputan Suku Biak, Achmad Rumagia bahwa setelah prosesi adat penyambutan suku Biak, dan menyerahkan kepada masyarakat ada tujuh suku. Ada juga putra Wamesa yang hadir bersama, karena mereka punya istri dari suku Biak.

Pjs. Bupati Teluk Bintuni, Agustinus Rumbino minta dukungan dari masyarakat 7 suku serta suku lainnya yang berada di Teluk Bintuni ini. Ia berharap dukungan dari segenap perangkat pemda dan seluruh lapisan masyarakat.

“Saya harap bisa diterima di sini oleh jajaran OPD dan seluruh lapisan. Jangan dilihat 71 harinya, tetapi mari kita bersama bagaimana kita melaksanakan tugas sehingga sukses,” katanya.

Agustinus Rumbino yang juga menjabat Kepala Biro Pemerintahan Setretariat Daerah Provinsi Papua Barat melaksanakan tugas sbg Pjs. Bupati Teluk Bintuni dari tanggal 26 September sampai 5 Desember 2020, mengisi kekosongan karena Bupati dan Wakil Bupati tengah mengambil cuti kampanye maju pada Pilkada serentak tahun 2020.

Sementara itu, Plt. Sekda Teluk Bintuni Frans Awak dalam menyambutan mengatakan penyambutan itu lebih pada keluarga Pjs. Bupati Agus Rumbino yang baru pertama kali datang di Bintuni. “Kalau Bapak Agus sudah sering ke Bintuni, tapi ibu dan keluarga ini baru datang, jadi kita buat acara penyambutan secara adat,” ungkap Awak. (Azrul)

(Visited 155 times, 2 visits today)