Rangkuman Program Yang Di Dorong Stafsus Billy Mambrasar Ke Pusat Untuk Bangun Bintuni 

Rangkuman Program Yang Di Dorong Stafsus Billy Mambrasar Ke Pusat Untuk Bangun Bintuni 

Agustus 23, 2021 0 By admin

Bintuni (KADATE) – Sejak tanggal 16 hingga 23 Agustus 2021, Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar mengadakan kunjungan ke Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat. Dalam paket kunjungan tersebut, Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar telah bertemu dengan berbagai Instansi, OPD, dan Forkopimda.

“Tujuan pertemuan-pertemuan tersebut, adalah untuk memastikan visi dan misi Pembangunan dari Bupati Teluk Bintuni dapat berjalan lancar, dan adanya dukungan pusat untuk mempercepat, sesuai dengan strategi pembangunan Nasional”, ujar Staf Khusus Presiden RI asal Papua tersebut.

Dari hasil kunjungan Stafsus Billy Mambasar ke Teluk Bintuni, ini adalah rangkuman beberapa program yang akan didorong untuk dimasukkan menjadi prioritas pembangunan PB, sesuai dengan visi dan misi pembangunan Bupati, dan arahan Instruksi Presiden RI No. 9 Tahun 2020, terkait percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat. 9 Program ini akan disebut sebagai: 9 Program Quick Wins Percepatan Pembangunan Teluk Bintuni.

1. Program Pendidikan dan Pemberdayaan
Sesuai dengan Visi dan Misi Bupati untuk menciptakan SDM Teluk Bintuni yang berdaya saing, maka Stafsus Presiden Billy Mambrasar akan mendorong program sebagai berikut:

• Meluncurkan Cikal Bakal Pendidikan Tinggi Formal di Teluk Bintuni, yang akan menciptakan lulusan Diploma dan Sarjana, untuk mendukung giat ekonomi, industri, dan pembangunan di Kabupaten Teluk Bintuni.

“Untuk ini, saya akan kordinasikan segera langsung dengan Dirjen Dikti, Dirjen Vokasi, dan Mas Menteri (Nadiem Makarim) di Jakarta, setelah saya kembali”, Ujar Billy menjelaskan.

• Revitalisasi 13 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) berbasis Bahasa Inggris, kewirausahaan, dan pemberdayaan perempuan dan anak.

“Ini supaya anak-anak asli Bintuni, sejak usia dini, telah berpikir bahwa mereka siap menjadi wirausahawan pas mereka sudah besar. Paling utama, agar mereka berpikir global, kreatif dan inovatif”, Terang Billy.

• Seminar Beasiswa Luar Negeri untuk anak-anak asli Bintuni, dari Kedutaan dan Lembaga Besar Pemberi Beasiswa, seperti: LPDP, Chevening, Australia Awards Scholarship, Fullbright, dan lain-lain.
“Dari hasil pertemuan saya dengan kurang lebih 100 perwakilan anak muda Bintuni, sebagian dari mereka menyampaikan aspirasi mereka untuk dapat sekolah lebih lanjut ke luar negeri, tetapi minim info tentang beasiswa yang tersedia. Padahal beasiswa untuk anak asli Papua di luar dari program PEMDA itu sangat banyak sekali. Oleh sebab itu, kita akan undang Lembaga-lembaga pemberi beasiswa itu untuk melakukan sosialisasi disini”, Tutur Billy Mambrasar

2. Program Penciptaan Lapangan Kerja dan Kemitraan Industri

• Meluncurkan Komunitas Berbasis anak Muda: Papua Muda Inspiratif (PMI), sebagai wadah pelatihan dan permodalan UMKM, bermitra dengan Dinas Perindagkop Kabupaten

“PMI adalah Program Nasional di Tanah Papua untuk anak muda, dan diluncurkan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Jayapura, pada tanggal 20 Oktober 2019. Sudah ada di kabupaten lain di Papua dan Papua Barat, dan sekarang hadir di Bintuni. Harapannya, agar anak muda di Bintuni tidak hanya berharap kerja jadi PNS atau ke Industri migas saja, tetapi bisa juga menjadi pelaku usaha, mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan”, Terang Billy Mambrasar.

• Pemberian Modal Usaha Produktif untuk pengusaha kecil dan menengah masyarakat lokal

“Kita siap dukung program Kepala Dinas Perindagkop yang telah berjalan selama ini. Hasil rapat saya dengan beliau, kita akan lebih masifkan lagi pemberian modal, tetapi juga dibarengi dengan pendampingan, yang dapat dibantu dengan kemitraan PMI dengan Pemda”, Ujar Billy Mambrasar.

• Memasifkan giat Petani Milenial milik Kementerian Pertanian RI, untuk memberikan pelatihan dan permodalan kepada anak muda asli Papua di Bintuni
“Kemarin kita sudah luncurkan giat ini, di Kampung Amutu, Distrik Babo, dan kedepannya, kita akan jangkau seluruh distrik dan kampung yang lain. Sebagian besar Angkatan kerja di Papua Barat, termasuk di Bintuni, terjun di sektor ini, sehingga mereka butuh bantuan pendampingan, pelatihan dan permodalan, agar menjadi Petani berbasis industri dan berbasis ekspor”, Tambah Billy.

3. Program Pemberdayaan UMKM dan Usaha Masyarakat Lokal

• Kemitraan Pemda Teluk Bintuni untuk Pembangunan Pelabuhan Laut

“Akses pelabuhan laut yang sekarang sangat terbatas, dan arus keluar masuk barang yang minim membuat harga barang akan mahal. Bupati memiliki visi agar pembangunan Pelabuhan baru dapat menyelesaikan permasalahan ini, dan saya siap bantu komunikasikan dengan pusat, maupun dengan investor asing yang potensial”, Tutur Billy Mambrasar

• Meluncurkan Kapal Tol Laut menjadi penghubung kebutuhan pokok dan pangan Kampung-kampung dengan Kota Bintuni
“Supaya masyarakat di perkampungan yang ingin membeli kebutuhan pokok, yang mau dikonsumsi atau di jual kembali, dapat membeli langsung dari kapal container ini, yang akan keliling-keliling ke kampung-kampung pesisir”, ujar Billy menerangkan.

• Menghubungkan Investor dan Pelaku Usaha dengan Pemda Kabupaten Teluk Bintuni
“Saya dengar, Pemda Bintuni mengadakan acara tahunan yang disebut, Bintuni Energy Forum. Saya kasih masukan ke Pemda, agar forum ini sekaligus mengundang investor dan pelaku usaha untuk datang ke Teluk Bintuni, kalau perlu, langsung memutuskan untuk melakukan investasi. Saya akan bantu mengontak semua yang saya kenal untuk ikut turun”, Ujar Billy Mambrasar menerangkan.

Sembilan Program tersebut, dari hasil pembicaraan saya dengan Pemerintah Daerah, akan di luncurkan dalam paket acara “Bintuni Energy Forum” tersebut diatas, yang akan di lakukan di Bulan November 2021. Pemda akan meminta dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua Barat, dan juga dukungan dari Pusat, melalui bantuan kordinasi Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar.

Acara tersebut akan berlangsung kurang lebih selama 1 minggu penuh, dengan mengundang Investor, Industri berskala menengah dan besar, Pemerintah Pusat yakni lintas kementerian dan lembaga, Kedutaan Negara mitra bisnis, dan Pelaku usaha yang selama ini telah bermitra dengan Pemerintah Daerah. Harapannya adalah kehadiran mereka akan mendorong dan mempercepat pembangunan Kabupaten Teluk Bintuni. (***/dmd)

(Visited 517 times, 1 visits today)