Musyawarah Perencanaan dan Penyusunan RKP Desa Induk di Moskona Timur

Musyawarah Perencanaan dan Penyusunan RKP Desa Induk di Moskona Timur

Januari 26, 2022 0 By admin

Bintuni (KADATE) – Kampung Igomu, Mesna dan Sumuy Distrik Moskona Timur mengadakan musyawarah perencanaan dan penyusunan RKP Desa tahun 2022 di Bintuni, Rabu (26/1/2022).

Hadir pendamping Kampung Distrik Moskona Timur, Samuel Orocomna, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Supar, Tenaga Ahli Tepat Guna, Frenky dan Koordinator Tenaga Pendamping Profesional kabupaten Teluk Bintuni Rina Soway, S.H.

Menurut Pendamping Kampung Distrik Moskona Timur, Samuel Orocomna bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan di Bintuni karena saat ini belum adanya transportasi pesawat ke Moskona Timur.

Samuel Orocomna

“Kita mau laksanakan kegiatan ini di Moskona Timur tapi belum ada penerbangan kesana jadi kegiatan disini dan juga kegiatan lainnya dilaksanakan di Bintuni,” ujar Samuel Orocomna, Rabu (26/1/2022).

Terkait kegiatan yang dilaksanakan dengan menghadirkan para kepala kampung bersama aparat kampung pada tiga kampung induk itu, kata Samuel Orocomna, untuk membicarakan tentang pemanfaatan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022 sesuai Surat Kementerian Keuangan Nomor : 190.PMK tahun 2022 tentang penggunaan dana desa tahun 2022.

Dimana, alokasi dana desa itu sudah diatur porsinya yakni, 40 persen dari total dana desa untuk penanganan bantuan langsung tunai (BLT DD). Sedangkan 8 persen dipergunakan untuk penanganan Covid-19, lalu 20 persen dipergunakan untuk ketahanan pangan dan perikanan. Dan 32 persen dipergunakan sesuai prioritas penggunaan dana desa sesuai rapat di kampung.

“Jadi lewat kegiatan ini beberapa nara sumber hadir untuk menjelaskan bagi kita dalam melakukan perencanaan dan penyusunan RKP Desa tahun 2022,” ungkapnya.

Hal ini penting, karena kata Samuel, Dana Desa dari pemerintah pusat untuk diprioritaskan oleh pihak Kampung sesuai peruntukannya seperti harus penyaluran BLT sebesar 40 persen pada masyarakat di kampung yang kena dampak, ekstrim miskin.

Dikesempatan itu, Samuel Orocomna mengatakan harapannya agar masyarakat ikut mendukung program pemerintah yang tengah membangun jalan menuju Distrik Moskona Timur. “Terima kasih pada pemerintah yang sudah buka jalan, terobos jalan masuk Moskona Timur,” katanya.

Sementara itu, Plt. Kepala Kampung Mesna Ombek Marbi mengatakan, pihaknya dalam penggunaan DD akan mengacu pada hasil musyawarah yang dilakukan itu. “Dana Desa tahun 2022 diprioritaskan untuk BLT dan kegiatan-kegiatan lainnya, semuanya itu sudah dibahas. Kami berterima kasih untuk pendamping dan tenaga ahli yang sudah membantu kami,” ujarnya.

Secara terpisah, Plt. Kepala Kampung Sumuy Gidion Orocomna menyatakan berterima kasih karena lewat kegiatan yang diikuti menyangkut dana desa dari pusat. Hadir juga mewakili Plt. Kepala Kampung Igomu Yulius Igomu yakni Yowas Igomu dalam kegiatan yang dilaksanakan itu. [Azrul]

(Visited 195 times, 1 visits today)