SD Negeri Kalitami Terima Piagam Penghargaan Sebagai Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni

SD Negeri Kalitami Terima Piagam Penghargaan Sebagai Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni

November 13, 2019 0 By admin

BINTUNI | kadatebintuni.com ~ Kepala Sekolah SD Negeri Kalitami Ansyar Mambooe, S.Pd.I menyatakan bangga dengan dokter-dokter kecil di SD yang dipimpinnya karena bisa mengisi acara pada rangkaian kegiatan hari kesrhatan nasional (HKN) ke-55 dan HUT RSUD Bintuni ke-8, tanggal 12 November 2019.

“Mereka menampilkan dan peragakan senam cuci tangan pakai sabun (CTPS). Alhamdulillah SD Negeri Kalitami Distrik Kamundan menerima Piagam penghargaan Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni, piagam diserahkan oleh wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, SH di lapangan sepak bola SP IV Manimeri usai pemotongan tumpeng dalam pelaksanaan Hari Kesehatan Nasional,” kata Ansyar Mambooe.

Poin penilaian dalam sekolah sehat itu beragam diantaranya kebersihan lingkungan, kebersihan kantin sekolah, bangunan sekolah yang berventilasi udara dan sehat, serta hijau, yang berkaitan erat dengan sekoh sehat.

Selain itu kegiatan UKS yang benar-benar berjalan aktif dan memiliki kader kesehatan/dokter kecil, yang dibina oleh sekolah dan puskesmas adanya bimbingan konseling, sehat moral dan sehat fisik, PHBS sekolah, serta memiliki kemampuan dan paham Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

“Secara umum standar penilaian beberapa point sudah memenuhi kriteria sekolah sehat seperti ruang UKS, kantin sekolah, jamban sehat, tempat cuci tangan siswa-siswi yang sudah ada di SD Negeri Kalitami namun masih beberapa yang perlu di benahi dan ditingkatkan lagi.

Ini sesuai dengan penilaian yang dilakukan langsung oleh PLH. Kepala Dinas Kesehatan Michael Yawan, SKM. MPA dan kabid kesmas Kristina Inanosa, SKM, serta rombongan dari kabupaten dalam kunjungannya pada peranyaan HKN ke 55 bersama Puskesmas Kalitami di Distrik Kamundan tanggal 8 November lalu, sekaligus deklarasi sekolah sehat” ungkap Ansyar Mambooe.

Sekolah Dasar Negeri Kalitami sangat bersyukur atas penghargaan yang terima meski sekolah itu berada di ujung kabupaten Teluk Bintuni atau berada pada ring 3 terjauh, terpencil, namun bisa bersaing dengan sekolah-sekolah di kota atau ring 1 yang berada di seluruh wilayah Kabupaten Teluk Bintuni. (***/Azrul)

(Visited 231 times, 1 visits today)