Upaya Preventif dan Promotif UKS SD Negeri Kalitami Bersama Promkes Puskesmas

Upaya Preventif dan Promotif UKS SD Negeri Kalitami Bersama Promkes Puskesmas

Maret 5, 2020 0 By admin


BINTUNI | kadatebintuni.com ~ Dokter kecil sekolah inspiratif SD Negeri Kalitami Bersama Penanggung Jawab Program Promosi Kesehatan & UKS Puskesmas Kalitami mengadakan sosialisasi dan demonstrasi, serta gosok gigi massal bersama murid kelas 1 & 2 SD Negeri Kalitami Distrik Kamundan.

Praktik gosok gigi di sekolah, ternyata ada juga siswa yang asal gosok. Praktik gosok gigi yang diadakan oleh dokter-dokter kecil UKS SD Negeri Kalitami di dampingi oleh penanggung jawab program promosi kesehatan dan UKS Puskesmas Kalitami Haris La Ode, SKM

Satu hari sebelumnya, anak-anak kelas 1, dan 2 disuruh membawa sikat gigi masing-masing, dari rumah pasta gigi disediakan oleh sekolah tutur Amelia Nabi, petugas piket UKS.

Tiba di sekolah siswa diberi pengarahan di kelas oleh dokter kecil yang piket juga di bantu oleh guru. ”Nanti anak-anak mengikuti pengarahan cara gosok gigi yang benar. Anak-anak harus memperhatikan, jangan lupa saat demo gosok gigi harus tertib,” ungkap Suriani Nurdin, S.Pd, guru kelas.

Pengarahan kesehatan gigi dan mulut disampaikan oleh Haris La Ode, SKM kepada siswa-siswi kelas 1 dan 2 didampingi oleh dokter-dokter kecil serta guru kelas.

”Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang wajib kita rawat. Fungsi gigi bukan hanya untuk mengunyah dan mencerna makanan. Tapi gigi juga berperan penting dalam proses berbicara,”

Gaya menggemaskan dokter kecil yang piket ketika memberi penyuluhan, setelah itu dijelaskan cara menggosok gigi yang benar. Arah menyikat gigi dari arah atas ke bawah sesuai sela-sela gigi. Menggosok dari bagian dalam hingga gigi luar dan lidah.

Jamila Iribaram, salah satu siswa kelas 2 mengatakan, rajin gosok gigi dua kali sehari. Tapi selalu lupa gosok gigi sebelum tidur. Arah menyikat juga asal saja. Ke kiri kanan ternyata atas bawah.

Sosialisasi ditutup dengan demo dan praktek gosok gigi secara bersama diikuti 27 siswa di depan kantin sekolah. Setelah itu, siswa-siswi menunjukkan senyum segar dengan gigi putih dan sehat di hadapan teman-temannya.

Kepala Sekolah SD Negeri Kalitami
Ansyar Momboe, S.PdI mengatakan, rasa bangga dengan dokter-dokter kecil yang dibina oleh petugas promosi kesehatan Puskesmas Kalitami, ia suka dengan kegiatan seperti ini. ”Siswa jadi paham dan bisa gosok gigi sendiri dengan benar sesuai anjuran dari kesehatan juga memotivasi siswanya menggosok gigi dua kali sehari,” ujarnya. (***/Azrul)

(Visited 65 times, 1 visits today)