Baru 6 Kabupaten Papua Dan Papua Barat Luncurkan Program Petani Milenial, Telah Lebih Dari 5.000 Pemuda Terdata Ikut Program Ini

Baru 6 Kabupaten Papua Dan Papua Barat Luncurkan Program Petani Milenial, Telah Lebih Dari 5.000 Pemuda Terdata Ikut Program Ini

September 9, 2021 0 By admin

Provinsi Papua dan Papua Barat memiliki tenaga kerja anak muda yang luar biasa banyak secara jumlah. Sebagian besar dari Angkatan kerja muda ini terserap di sektor Pertanian (BPS, 2020). Yang menjadi permasalahan adalah sebagian besar dari mereka merupakan “Petani Insidentil”, yakni petani yang terpaksa menjadi petani, karena tidak terserap di sektor lain.

Padahal, sekiranya mereka memang memilik passion dan keinginan yang kuat untuk menjadi Petani, dengan keterampilan yang tinggi, maka secara pribadi mereka akan Makmur, dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerahnya, maupun negaranya.

Yang menjadi permasalahan adalah, jumlah anak muda di Indonesia, termasuk di Papua, tidak tertarik untuk Bertani dan menjadi Petani. Alasannya adalah kecenderungan bahwa Petani berada pada level ekonomi kelas bawah.

Padahal bila kita melihat negara seperti Selandia Baru, Thailand, dan Belanda, yang terhitung sebagai negara dengan tingkat kemakmuran yang tinggi, menggantungkan perekonomiannya pada sektor Pertanian. Sektor ini juga didominasi oleh anak-anak mudanya, yang menjadi petani yang kreatif, bermental wirausaha, dan inovatif.

Oleh sebab itu, menjawab tantangan diatas, Presiden Joko Widodo memandatkan di lahirkannya 2.5 Juta Petani Milenial, untuk mendukung penciptaan program ketahanan Pangan Nasional, dan memperkuat Ekonomi Nasional melalui pengembangan sektor Pertanian berbasis anak muda. Khusus untuk Papua dan Papua Barat, Presiden Joko Widodo bahkan mendorong masuknya Program ini dalam Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat, yang dimandatkan oleh Inpres No. 9 Tahun 2020.

Untuk mendukung Visi dan Misi Presiden Joko Widodo tersebut, Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) melakukan gebrakan nasional, mendorong Program “Petani Milenial” yang bertujuan untuk mengajak anak-anak pemuda terjun langsung untuk menadi petani modern dengan memanfaatkan Internet of Things (IOT) dan kemajuan teknologi lain nya.

Khususnya untuk Program Petani Milenial di Provinsi Papua dan Papua Barat, Kementerian Pertanian RI melakukan kolaborasi kerja dengan Staf Khusus Presiden RI Bidang Inovasi @billymambrasar dan Komunitas Start Up dan Wirausaha Muda Papua: @papuainspiratif bersama Pemerintah Daerah Kedua Provinsi, untuk memfasilitasi anak muda yang ingin menjadi petani dari awal hingga menjadi seseorang yang paham dan dapat melakukan ekspor melalui pertanian.

Anak muda yang terjun dalam sektor ini terdiri dari 4 kelompok kegiatan, yakni: Mereka yang memiliki lahan dan Bertani diatas lahannya, mereka yang memiliki kegiatan kewirausahaan dengan menjual produk hasil perkebunan dan pertanian termasuk olahannya, mereka yang ikut mengembangkan teknologi dan alat pendukung kegiatan pertanian, dan yang terakhir, mereka yang siap menjadi eksportir produ-produk Pertanian dan Perkebunan ke berbagai negara di Seluruh Dunia.

Hingga hari ini, sejak berbagai acara Peluncuran program di kedua Provinsi, dan di 6 Kabupaten, telah terdata lebih dari 5,000 anak muda asli Papua yang tertarik untuk bergabung dalam program ini. Sebagian dari mereka telah memperoleh bantuan seperti pelatihan Kewirausahaan, Duta Petani Milenial, Bantuan Bibit, Benih, Pupuk, dan tambahan Alat dan Sarana Pertanian.

“Terima kasih dan apresiasi saya berikan kepada seluruh lembaga pemerintahan, instansi dan komunitas muda-mudi yang telah mewujudkan program petani milenial hadir di 4 Kabupaten baik di Papua maupun Papua Barat, yaitu; Manokwari, Teluk Bintuni, FakFak dan Merauke. Pak Presiden mendukung percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di Tanah Papua, termasuk melalui program ini”, Ujar Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden RI, yang diberikan amanah oleh Presiden untuk membantu Kementerian Pertanian untuk memastikan lancarnya program ini.

“Saya percaya, tidak butuh waktu lama untuk tanah Papua dapat menciptakan ketahanan pangan bagi masyarakatnya. Ayo teman-teman mari bersama kita dorong petani milenial hadir di setiap kota di Indonesia untuk membantu terwujudnya 2.5 juta, sesuai visi Presiden RIanak muda hebat dan keren yang akan bergabung dalam petani milenial!!!

Lihat, like, komen dan share video ini untuk lihat perjalanan Petani Milenial di Tanah Papua.

#indonesia #papua #papuabarat #manokwari #fakfak #merauke #bintuni #petani #petanimilenial #milenial #pemudamilenial #petaniindonesia

(Visited 128 times, 1 visits today)