Perempuan Papua dalam Budaya Patriarki

Perempuan Papua dalam Budaya Patriarki

Agustus 27, 2018 0 By admin

Budaya Patriarki dalam kehidupan Masyarakat #Papua, masih tetap di junjung dan di hormati sampai saat ini. Dimana posisi perempuan berada satu tingkat di bawah bayang-bayang laki-laki.

Walaupun mereka di beri kebebasan sedikit dalam kehidupan sosial kemasyarakatan namun tetap berada dalam kekuasaan laki-laki. Perempuan tunduk dan hormat kepada suami merupakan kewajiban dalam Adat dan kehidupan #Spiritual orang Papua.

Dalam norma adat etika, sopan santun masyarakat tradisional dan modern di Papua, kedudukan laki-laki lebih tinggi derajarnya dalam keluarga, masyarakat maupun Adat.

Oleh sebab itu Kekuasaan, Keperkasaan, Perlakuan adil dan sopan santun dalam tatanan adat, menjadikan laki-laki sangat dijunjung, dihormati dan dijadikan role model oleh anak cucu mereka dan di ceritakan dari generasi ke generasi.

Seiring berjalannya waktu dalam arus modernisasi yang semakin deras, perempuan Papua tetap memposisikan diri mereka sebagai penolong suami dalam memainkan peran mengurus keluarga dan anak sebagai wujud Bakti dan Cinta kepada laki-laki. Baik secara Adat maupun dalam kehidupan Spiritual yang mereka junjung tinggi. (vsr)

#perempuan

(Visited 392 times, 1 visits today)