SD Negeri Kalitami Resmi Menyandang Status Sekolah Sehat

SD Negeri Kalitami Resmi Menyandang Status Sekolah Sehat

November 8, 2019 0 By admin

BINTUNI | kadatebintuni.com ~ SD Negeri Kalitami di Distrik Kamundan menjadi sekolah pertama yang mendeklarasikan sebagai Sekolah Sehat di kabupaten Teluk Bintuni, Jumat (08/11).

Dalam deklarasi yang dibacakan petugas Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Kalitami Harris Laode meyatakan, “kami seluruh masyarakat dan warga sekolah mendukung penuh SDN Kalitami menjadi Sekolah Sehat berperilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tingkat kabupaten Teluk Bintuni. Sejak saat ini dan seterusnya kami akan menjaga dan merawat fasilitas sekolah serta akan melakukan delapan indikator sekolah sehat, berkomitmen akan menerapkan pola hidup bersih dan sehat”

Dilanjutkannya dengan mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah, menggunakan jamban bersih dan sehat, olah raga yang teratur dan terukur, bebas dari jentik nyamuk dan tidak merokok di lingkungan sekolah, menimbang berat badan secara rutin dan tidak membuang sampah sembarangan. Untuk itu pihak Puskesmas Kalitami bersama pemerintahan distrik dan sekolah Sehat SDN Kalitami menyatakan kesiapannya untuk menjadi sekolah percontohan di kabupaten Teluk Bintuni.

Dalam kesempatan yang sama; PLH Kepala Dinas Kesehatan Teluk Bintuni Michael Yawan S.KM dalam sambutannya mengatakan, “sekolah sehat sudah harus memenuhi standar seperti air bersih, jamban sehat dan lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman.”

Ia juga menyampaikan agar pihak Puskesmas dan Sekolah harus bekerja sama, membentuk satu tim independen untuk mengontrol jalan tidaknya program sekolah sehat. Termasuk tim manajen resiko di dalam SDN Kalitami.

Sebagai contoh, “saat ini sudah ada pagar pelindung tapi ada beberapa bagian yang belum ada pagar, suatu ketika ada anak-anak yang tidak berhati-hati bisa terpeleset dan jatuh” dia juga menyinggung terkait panggar pembatas teras sekolah yang bergedung kayu tersebut.

Kegiatan deklarasi sekolah sehat juga dibarengi dengan kegiatan Gerakkan Masyarakat Sehat (germas) dengan pilar Ayo Makan Buah dan Sayuran ini dilaksanakan untuk menyongsong Hari Kesehatan Nasional ke-55 yang jatuh pada tanggal 12 November 2019 nanti.

Ada beberapa acara dalam rangkaian kegiatan tersebut di antaranya demonstrasi cara cuci tangan yang benar dan senam sehat yang dipandu oleh dokter Kecil, undian doorprize dengan hadiah utama satu unit sepeda yang diadakan oleh pihak Distrik Kalitami dan peruntukkan drama kesehatan oleh pelajar SMP dan SMA Negeri Kalitami. (Jx/ Daniel)

(Visited 168 times, 1 visits today)