Cerita Yustina Fenetiruma, Satu-satunya Perempuan Papua Yang Jabat Kepala Kampung di Teluk Bintuni

Cerita Yustina Fenetiruma, Satu-satunya Perempuan Papua Yang Jabat Kepala Kampung di Teluk Bintuni

Oktober 21, 2018 0 By admin

“TEKANKAN PENTINGNYA EMANSIPASI WANITA”

BINTUNI, kadatebintuni.com ~ Kampung Tugerama merupakan salah satu kampung yang masuk dalam wilayah pemerintahan Distrik Kaitaro, kabupaten Teluk Bintuni. Kampung yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 200 jiwa itu, dipimpin oleh seorang kepala kampung perempuan asli Papua.

Yustina Fenitiruma, seorang sosok yang menjadi satu-satunya kepala kampung perempuan Papua, dari sekian banyaknya kampung di 27 Distrik (3 distrik pemekaran), dalam wilayah Pemerintahan Kabupaten Teluk Bintuni.

Kampung yang dipimpinnya, memiliki komoditi utama, sebagai penghasil kepiting dan tani. Yustina mengatakan hasil dari kampungnya di jual ke Amutu, meskipun penadah yang membeli hasil tangkapan kepiting, membatasi jumlah pembelian, yakni hanya membeli sebanyak 400 ekor kepiting per ret. Walaupun, fasilitas kelistrikan yang kurang memadai, bahkan jaringan seluller untuk komunikasi, yang tidak terdapat dikampungnya, tak lantas, membuat sosoknya patah semangat.

Yustina


Sedangkan, untuk program padat karya, Yustina menuturkan bahwa fokus utamanya adalah pembangunan tiang listrik dan prasarana penunjang di kampungnya. “Kami menyambut baik, program padat karya ini, pada pengucuran dana tahap pertama, kami mendirikan tiang listrik, kemudian, pembangunan jalan, parit, pembersihan pemukiman, dan sebagainya,” ujarnya yang telah memimpin dua tahun belakang ini.

Menjadi figur seorang perempuan yang memimpin warganya, Yustina selalu menyuarakan pentingnya nilai Emansipasi wanita. Dirinya percaya bahwa perempuan juga, memilik hak yang sama dengan laki-laki.

” Saat kaum perempuan melakoni peran, sebagai ibu rumah tangga, harus fokus di dapur dan mengurus kebutuhan keluarga. Namun, itu bukan berarti, membatasi nya untuk tampil ke depan. Banyak perempuan, yang memiliki kapasitas dalam berbagai segi, yang dapat dikatakan, bersaing dengan kaum pria,” tungkasnya mantap. [Baim]

(Visited 1.169 times, 1 visits today)