BPKAD Teluk Bintuni Adakan Pelatihan Penatausahaan Dan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Bendahara & PPK-OPD

BPKAD Teluk Bintuni Adakan Pelatihan Penatausahaan Dan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Bendahara & PPK-OPD

November 6, 2019 0 By admin

MANOKWARI | kadatebintuni.com ~ Bupati Ir. Petrus Kasihiw, MT yang diwakili Sekretaris Daerah Gustaf Manuputty, S.Sos., MM membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Penatausahaan dan Penyusunan Laporan Keuangan bagi Bendahara dan PPK-OPD di lingkungan pemerintah kabupaten Teluk Bintuni di hotel Valdos Manokwari, Rabu (6/11).

Gustaf Manuputty

Sekertaris Daerah Gustaf Manuputty membacakan sambutan Bupati menjelaskan bahwa menurut peraturan pemerintah (PP) nomor 12 tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, kemudian yang di maksud dengan kauangan daerah adalah semua hak dan kewajiban daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah yang dapat dinilai dengan uang dan segala bentuk kekayaan yang dapat dijadikan kekayaan serta hak daerah.

Bimtek Bendahara OPD ini, kata Bupati dilaksanakan dengan harapan makin terwujudnya pemerintahan yang bersih dan tata kelola yang baik (Clean governance and good governance).

“Pemerintah yang bersih dan tata kelola yang baik merupakan kunci kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, yang salah satunya dapat dicapai melalui mewujudkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam menghasilkan pertanggung jawaban keuangan yang disusun secara akurat,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan melalui pelatihan ini juga mampu meningkatkan kapasitas, kopetensi, profesionalitas aparatur pengelolaan keuangan daerah. Dan menghimbau agar pelatihan ini hendaknya di manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Ketua Panitia Bimtek, Yohanis Asmorom,SH mengatakan sasaran kegiatan pelatihan ini adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mempunyai tugas dan fungsi utama sebagai penatausaha dan pengelola keuangan OPD dan semua staf ASN ataupun honor yang bekerja pada Bagian/Bidang di maksud.

Yohanis Asmorom

Pembiayaan dan anggaran pelatihan ini berdasarkan DPA BPKAD selaku penyelenggara kegiatan dan DPA masing masing OPD sebagai peserta dalam program peningkatan kapasitas aparatur kegiatan pelatihan dan bimbingan teknis.

Kegiatan ini, kata Yohanis Asmorom, dilaksanakan selama 3 hari, terhitung mulai tanggal 6 – 8 November 2019, sedangkan target jumlah peserta kegiatan kurang lebih 130 orang keterwakilan dari masing masing OPD dan Distrik,” katanya. (Dolly)

(Visited 351 times, 1 visits today)