Kilas Prosesi Peminangan Suku Miobo di Tanah Papua

Kilas Prosesi Peminangan Suku Miobo di Tanah Papua

Januari 9, 2020 0 By admin

Agus Ayomi

MANOKWARI | KADATEBINTUNI.COM ~ Kepala Suku Besar Miobo Kepulauan Yapen Papua di wilayah Manokwari Agus Ayomi, SE menjelaskan, “dalam prosesi peminangan dan pengantaran emas kawin yang di laksanakan keluarga marga Krey – Runtuboy kepada keluarga marga Merabano – Mansumber ini sangat mengandung makna yang besar khususnya orang Papua pada umumnya.

Maksud dan tujun di laksanakan peminangan ini, untuk mempertahankan jati diri kita sebagai orang asli Papua dan sekaligus mensosialisasikan kepada anak-anak yang hidup di jaman yang serba canggih ini, bahwa adat istiadat itu sangat penting, dan juga bisa mempertahankan adat istiadat kita orang Papua khususnya suku Miobo.”

Dalam prosesi peminangan yang di lakukan pihak laki-laki dari keluarga Krey dan Runtuboy kepada pihak perempuan keluarga Merabano dan Mamsumber ini sangatlah unik, karena seluruh keluarga besar dari pihak laki-laki mengumpulkan harta berupa barang peca belah beserta sejumla uang yang akan di antarkan ke pihak perempuan.

Prosesi ini, merupakan hal turun-temurun dari dahulu hingga sekarang, maka Agus Ayomi menghimbau kepada para pemuda-pemudi suku Miobo (dahulu dikenal dengan sebutan kurudu kaipuri ) dari Yapen Timur kabupaten Yapen di perantauan khususnya di Manokwari, yang sekarang hidup di jaman era digitalisasi dan juga era milenial ini, jangan pernah melupakan adat istiadat. “Karena adat dapat menyatukan kita, bahkan adat bisa membuat kita bersatu,” tuturnya. Ia menekankan untuk anak-anak muda jangan melupakan adat budaya. (Dolly)

 

(Visited 632 times, 1 visits today)