Hasil Pemeriksaan PCR, 1 ODP di Teluk Bintuni Positif Terinfeksi Covid-19

Hasil Pemeriksaan PCR, 1 ODP di Teluk Bintuni Positif Terinfeksi Covid-19

April 16, 2020 0 By admin

BINTUNI | kadatebintuni.com ~ Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Teluk Bintuni pada hari Kamis 16 April 2020 merilis data resmi bahwa 1 (satu) Orang Dalam Pemantauan (ODP) positif terinfeksi Covid-19.

Ini berdasarkan hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) pada Balai Besar Laboratorium Makasar (BBLK) dan konfirmasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tanggal 16 April 2020.

Menurut Direktur RSUD Bintuni dr. Eka W. Suradji,PhD yang juga tim Satgas Covid-19 Bintuni dalam rilis di grup WhatApp FGD KADATE menyebutkan ODP yang dinyatakan positif Covid-19 berinisial CA dan berdomisili di Distrik Manimeri, Kabupaten Teluk Bintuni.

CA terindikasi terpapar Covid-19 pada kegiataan keagamaan di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan antara 18-20 Maret 2020. Dan tiba di Bintuni pada 28 Maret 2020 melalui jalan darat lewat Manokwari dan telah di screening oleh Satgas Covid-19 Bintuni.

Setelah dinyatakan ODP, pasien ini sempat diberikan terapi Covid-19 dan ditegaskan isolasi mandiri dengan pengawasan satgas.

“Riwayat kontak erat ODP ini telah didata dan masing-masing orang dengan riwayat kontak erat telah diperiksa oleh Satgas Covid-19. Saat ini ODP tersebut tidak menunjukan gejala infeksi salurana nafas atas (ISPA) ataupun demam.

Satgas Covid-19 sedang menunggu hasil pemeriksaan berikutnya untuk konfirmasi apakah yang bersangkutan sudah dalam keadaan sembuh atau dalam proses pemulihan” kata dr. Eka.

Direncanakan, pasien akan di rawat di Rumah Sakit Umum Daerah Bintuni untuk memastikan bahwa yang bersangkutan sudah dalam fase pemulihan. Sementata itu pihak keluarga dari yang bersangkutan sudah diperiksa oleh Satgas Covid-19 dalam kondisi baik dan belum ada tanda terinfeksi dari hasil pemeriksaan tim kesehatan.

dr. Eka berharap masyarakat dapat bersifat wajar dalam menanggapi informasi ini dan tetap melakukan hidup bersih, meningkatkan sistem imun dengan mengkonsumsi makanan bergizi serta tidak keluar rumah jika tidak dalam keadaan mendesak. (Daniel)

(Visited 778 times, 1 visits today)