BP Tangguh dan Dinas Dikbudpora Cerdaskan Masyarakat Lewat Rumah Pintar

BP Tangguh dan Dinas Dikbudpora Cerdaskan Masyarakat Lewat Rumah Pintar

April 9, 2018 0 By admin

Bintuni, kadatebintuni.com ~ BP Tangguh dan Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dinas Dikbudpora) Teluk Bintuni mencerdaskan masyarakat Teluk Bintuni melalui Program Rumah Pintar. 

Rumah Pintar ini memiliki fungsi yang multi fungsi karena yang diajarkan di rumah pintar bukan saja baca, tulis dan menghitung (Calistung) tetapi juga komputer, bahasa Inggris serta berbagai ketrampilan seperti cara menganyam dan tari-tarian adat.

Sekretaris Dinas Dikbudpora Teluk Bintuni Daniel Dudung, SE, MM, Rabu (28/3), mengatakan, ketika mengikuti gelar Inovasi Publik ke-3 tingkat Provinsi yang dilaksanakan tanggal 15-17 Maret 2018 lalu, salah satunya menampilkan Rumah Pintar tempat anak-anak serta masyarakat belajar baca, tulis serta menghitung (Calistung).

“Isu permasalahan pendidikan paling utama di Teluk Bintuni hasil loka karya yang digelar BP Tangguh bersama Dinas Dikbudpora Teluk Bintuni yaitu permasalahan baca tulis dan menghitung bagi anak-anak Teluk Bintuni masih banyak yang belum lancar atau tahu baca tulis dan menghitung.

Disebabkan beberapa faktor yaitu tidak terlepas dari daya tarik tempat anak-anak belajar, kemungkinan di sekolah anak-anak itu tidak fokus dalam belajar, mungkin pada hari itu anak-anak tersebut tidak sempat ke sekolah untuk belajar, mungkin saat pulang sekolah ana-anak hanya bermain dan tidak belajar lagi.

Dari isu-isu tersebut maka kami bersama mitra kami Bisep BP Tangguh duduk bersama untuk membuat pola atau cara bagaimana diluar jam sekolah resmi ada tempat anak-anak di Teluk Bintuni bisa belajar tambahan.

Maka akhirnya kami sepakat dengan BP Tangguh untuk membentuk rumah pintar yang bertujuan untuk menarik minat baca tulis dan menghitung bagi anak-anak di luar jam resmi sekolah sebagai tambahan,” ungkap Daniel Dudung.

Program Rumah Pintar baru ada di 2 distrik yaitu distrik Babo dan Weriagar yang mulai berjalan sejak awal bulan Februari 2018 dengan trainer 1 orang di rumah pintar Babo dan 2 orang di rumah pintar Weriagar.

Adapun fasilitas yang disediakan di rumah pintar meliputi buku-buku bacaan, buku cerita, film-film pendidikan, komputer serta bahasa Inggris dan tutor atau trainer. [Daniel MD]

(Visited 64 times, 1 visits today)