Danpos TNI-AL Bintuni Jainal Mustafa Siregar Turut Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Danpos TNI-AL Bintuni Jainal Mustafa Siregar Turut Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Oktober 22, 2019 0 By admin

 

BINTUNI | kadatebintuni.com ~ Komandan Pos (Danpos) TNI-AL Kabupaten Teluk Bintuni Letda Laut Jainal Mustafa Siregar S.H memberikan pelajaran singkat mengenai 4 (empat) pilar Kebangsaan, tentang berbangsa dan bernegara kepada 5 orang siswa SMK Negeri 1 Bintuni yang berkunjung ke Makoposal TNI AL Kampung Lama Bintuni guna menyelesaikan tugas dari sekolahnya, Selasa (22/10/2019).

Letda Laut Jainal Mustafa Siregar menjelaskan tentang 4 pilar kebangsaan yakni Ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indinesia, dan Bhineka Tunggal Ika. Nilai-nilai yang terkandung dalam 4 pilar tersebut bila di implementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, maka akan mewujudkan masyarakyat Indonesia yang adil dan beradap, serta akan menciptakan situasi aman, nyaman, sejahtera, tenteram dan terhindar dari berbagai jenis gangguan dan bencana, baik yang datangnya dari luar maupun dari dalam.

Mustafa Siregar menjelaskan pilar pertama sebagai Ideologi negara kita yakni Pancasila beserta nilai nilai dari ke 5 silanya, dimana Indonesia merupakan Negara yang majemuk dengan keaneka ragaman yang dimilikinya. Pilar kedua yakni UUD 1945 beserta pasal pasalnya, pilar ketiga NKRI sebagai tumpah darah negara Indinesia, pilar ke empat Bhineka Tunggal Ika yang memiliki arti walau berbeda beda namun tetap satu jua.

Lanjut Siregar, oleh karena itu tujuan dari di buatnya semboyan ini adalah untuk mencegah perpecahan dikalangan masyarakat, meskipun mereka semua menganut kepercayaan dan Ras yang berbeda-beda. (Wn/Azrul)

(Visited 131 times, 1 visits today)