Bakti Sosial Donor Darah PWS Teluk Bintuni Terkumpul 44 Kantong Darah

Bakti Sosial Donor Darah PWS Teluk Bintuni Terkumpul 44 Kantong Darah

Maret 16, 2020 0 By admin

BINTUNI | kadatebintuni.com ~ Perkumpulan Wargi Sunda (PWS) kabupaten Teluk Bintuni menggelar bakti sosial donor darah bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Bintuni, Senin (16/3/2020). Dan terkumpul 44 kantor Darah dengan rincian golongan darah O 22 kantong, darah A 7 kantong, darah B 7 kantong, darah AB 2 kantong, darah A + 4 kantong, darah B + 1 kantong, dan golongan darah O + 1 kantong.

Menurut Wakil Ketua PWS Teluk Bintuni C. M. Farid Fimbay, ST bahwa kegiatan donor darah itu dilakukan atas pertimbangan kemanusiaan, guna ketersediaan darah yang diperlukan di RSUD Bintuni. “Sering kali di setiap kelompok seperti grup WA dan yang lainya, selalu ada informasi, kalau ada pasien yang memerlukan darah,” kata Farid Fimbay, putra Teluk Bintuni berdarah Sunda itu.

Menurut Farid bahwa meraka yang mendonorkan darah itu selain warga Sunda dan juga warga masyarakat lainnya. “Kami hanya mengambil para pendonor dari masyarakat Sunda yang berada di wilayah kota saja, serta tidak tutup kemungkinan mungkin ada dari masyarakat lainya yang ingin bersama-sama mau mendonorkan darahnya, ” ungkap Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Kantor Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Teluk Bintuni itu.

Ia juga mengatakan, untuk kedepannya akan diupayakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya Sosial, seperti sunatan massal dan lain sebagainya. “Untuk Warga Sunda sendiri kegiatan donor darah ini menjadi sebuah kegiatan rutin yang akan di lakukan pertiga bulan sekali,” tuturnya.

Menurut Humas PWS Teluk Bintuni Joanna Ela Yulia kegiatan bakti sosial bukan hanya dilakukan di daerah perkotaan saja, melainkan ke daerah-daerah lain, seperti di distrik-distrik di kabupaten Teluk Bintuni. “Saya pun sangat berharap untuk kedepannya kegiatan bakti sosial seperti ini, dapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat yang berada di kabupaten ini,” katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan salah satu warga Sunda Dadang yang sudah 10 tahun tinggal di Bintuni. Ia mengatakan, dengan adanya kegiatan donor darah mengajarkan pentingnya hidup toleransi sesama insan manusia, agar saling tolong menolong dan bergotong royong, dan saling membantu.

” Walaupun Paguyuban Wargi Sunda Kabupaten Teluk Bintuni belum deklarasi, akan tetapi kami punyak komitmen bersama untuk bersatu membangun Kabupaten Teluk Bintuni, sesuai dengan tupoksi kita masing-masing” katanya.

Sementara itu, Komandan Kompi Senapan E, Tatang Wahyudin usai mendonorkan darahnya, menyampaikan bahwa donor darah itu merupakan wujud sumbangsih warga masyarakat, khususnya Wargi Sunda Bintuni, guna menyumbangkan darahnya ke RSUD. Nantinya dapat digunakan darah yang sudah terkumpul tersebut untuk semua warga Bintuni yang membutuhkan tanpa terkecuali.

“Kami dari TNI baik itu yang BKO atau Organik yang berada di Kodim Teluk Bintuni ini, khususnya yang warga Sunda ikut berpartisipasi dalam aksi donor darah kali ini” . katanya. (Azrul)

(Visited 78 times, 1 visits today)